Iklan

terkini

Peluncuran Pilkada Karawang 2024, Mewujudkan Pemilihan Yang Aman dan Gembira

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Sabtu, 01 Juni 2024, 23:31 WIB Last Updated 2024-06-02T08:39:18Z


Foto : acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang tahun 2024. 

Nuansa Metro - Karawang |  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar acara peluncuran Pilkada Karawang tahun 2024. Acara yang berlangsung pada Sabtu malam ini digelar di lapangan Karangpawitan, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, dan dipenuhi antusiasme masyarakat setempat.


Acara dimulai dengan tarian Goyang Karawang yang memeriahkan suasana malam itu. Hadir dalam acara tersebut KPU Jawa Barat, anggota KPU Pusat Idham Chalid, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta mantan Bupati Karawang periode 2005-2010, Dadang S. Muktar.


Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa persiapan penyelenggaraan Pilkada 2024 telah berjalan lancar. 


“KPU Karawang telah menyelesaikan pembentukan badan ad hoc,” ujarnya. 


Ia menjelaskan, sebanyak 150 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 90 orang sekretariat PPK telah tersebar di 30 kecamatan. Selain itu, terdapat 927 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan sekretariat PPS di 12 kelurahan dan 287 desa di Kabupaten Karawang.


“KPU Karawang siap menggelar Pilkada 2024,” tegas Mari Fitriana. Ia juga menekankan komitmen KPU untuk menjaga integritas dan bertindak sesuai kode etik penyelenggara pemilu. Dalam waktu dekat, KPU akan melakukan pemutakhiran data pemilih dan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih.


Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Karawang mencapai 3.777, dengan tambahan dua TPS khusus, sehingga total menjadi 3.779 TPS. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) sebelumnya, partai Gerindra dan Demokrat masing-masing memperoleh 8 kursi, disusul oleh Nasdem dan PKS dengan 7 kursi, Golkar dan PDIP masing-masing 6 kursi, PKB juga 6 kursi, dan PAN dengan 2 kursi.


Dalam acara ini, KPU Karawang juga memperkenalkan maskot Pilkada, ayam Ciparage, yang melambangkan "Ciptakan Pilkada Aman Rakyat Gembira". Maskot ini sejalan dengan tagline KPU Jawa Barat, "Gemilang" (Gembira Memilih Langsung).


Diharapkan Pilkada kali ini akan berlangsung dalam suasana yang gembira, berbeda dari Pilkada sebelumnya yang sempat dinilai panas.


Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana, mengajak seluruh masyarakat Karawang untuk berpartisipasi aktif pada hari pemungutan suara. 


"Ayo memilih, masa depan Karawang ada di tangan kita," pesannya. 


Pemilihan dijadwalkan berlangsung pada Rabu, 27 November 2024.


Dengan semangat baru dan persiapan matang, KPU Karawang optimis Pilkada 2024 akan berjalan lancar dan sukses, menciptakan pemilihan yang aman dan menggembirakan bagi seluruh rakyat Karawang.



• IRF 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peluncuran Pilkada Karawang 2024, Mewujudkan Pemilihan Yang Aman dan Gembira

Terkini

Topik Populer

Iklan