Iklan

terkini

Langkah Proaktif Pemkab Deli Serdang, Peresmian Pustu Desa Sampali Tandai Komitmen Kesehatan Publik

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Rabu, 17 April 2024, 19:52 WIB Last Updated 2024-04-17T12:52:23Z


Foto : Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar saat peresmian Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Rabu (17/4/2024).

Nuansa Metro - Deli Serdang |  Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Rabu (17/4/2024).

Dalam arahanya pada peresmian yang dirangkai dengan halal bi halal bersama masyarakat itu, Bupati mengemukakan pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian suatu bangsa yang telah menjadi prioritas nasional dan setiap tingkat pemerintahan. Pembangunan tersebut membutuhkan peran dan kontribusi dari seluruh elemen, baik pemerintah, pengusaha dan masyarakat. 

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seorang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang sangat menyambut baik atas Peresmian Gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan. Ini adalah hal penting dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, baik dari sarana dan prasarana, aspek kualitas maupun kuantitas guna meningkatkan kualitas pelayanan yang bermutu kepada masyarakat," ucap Bupati.

Peresmian Pustu tersebut, lanjut Bupati, memberi makna, implementasi, dan tanggungjawab sosial sebagai bentuk kontribusi untuk keberlangsungan kehidupan yang layak bagi masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan pembangunan di bidang kesehatan.

Bupati berharap, Pustu yang sudah diresmikannya Pustu tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, melayani keluhan masyarakat yang dapat ditangani dengan cepat.

"Saya berharap, hadirnya Puskesmas Pembantu ini akan berdampak langsung kepada kemudahan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dengan cepat, tepat, dan jangkauan yang lebih dekat. Sehingga, nantinya akan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kesehatan masyarakat di Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan," harap Bupati.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Deli Serdang, dr Asri Ludin Tambunan MKed PD Sp PD dalam laporanya, menuturkan dengan diresmikannya Pustu Desa Sampali diharapkan bisa menjadi penyokong utama kesehatan masyarakat, khususnya di Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan.

Pustu Desa Sampali, terang Kadis Kesehatan, berada di bawah naungan Puskesmas Tanjung Rejo yang sudah memiliki pelayanan tingkat 5. 

"Sesuai arahan Menteri Kesehatan, pelayanan kesehatan saat ini bukan lagi untuk mengobati orang sakit, tapi mempertahankan orang sehat akan tetap sehat. Ke depannya, Puskesmas Pembantu ini akan dilengkapi dengan alat Ultrasonografi serta Puskesmas Keliling (Pusling). Pelayanannya nanti akan sama dengan Puskesmas induknya (Puskesmas Tanjung Rejo)," papar dr Asri.

Turut hadir pada peresmian Pustu Desa Sampali, anggota DPRD Deli Serdang, Dr Misnan Aljawi SH MH dan H Rakhmadsyah SH; sejumlah pejabat Pemkab Deli Serdang; Camat Percut Sei Tuan, A Fitryan Syukri SSTP MSi; Kepala Desa Sampali, Muhammad Ruslan dan kepala desa dan lurah se-Kecamatan Percut Sei Tuan, dan lainnya.


•  Romson nainggolan, Amd.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Langkah Proaktif Pemkab Deli Serdang, Peresmian Pustu Desa Sampali Tandai Komitmen Kesehatan Publik

Terkini

Topik Populer

Iklan