Iklan

terkini

Dugaan Penyimpangan dan Ketidaksesuaian RAB Ditemukan Dalam Proyek Pembangunan Lapangan Voli SDN Pisangsambo I

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Minggu, 21 April 2024, 12:17 WIB Last Updated 2024-04-21T05:17:51Z



Nuansa Metro - Karawang |  Pembangunan lapangan voli outdoor di SDN Pisangsambo I, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, yang merupakan proyek inisiatif Pemerintah melalui Disdikpora Kabupaten Karawang, diduga mengalami penyimpangan dan ketidaksesuaian dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). 

Proyek senilai Rp. 119.590.000 tersebut, dikerjakan oleh CV. Hikmah Jaya Sentosa, namun sorotan serius atas dugaan kejanggalan dalam pelaksanaannya telah dilontarkan oleh Ahmad Hasan Sutisna, Ketua DPD J.P.K.P (Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah) Kabupaten Karawang.

"Saya melihat banyak kejanggalan dalam pelaksanaan pembangunan lapangan voli di SDN Pisangsambo I. Mulai dari penggunaan besi berukuran 6 Mili banci yang tidak sesuai standar, hingga ketiadaan penerapan dasar arugan bahan beskos yang seharusnya menjadi bagian integral dari proyek ini. Pelaksana proyek diharapkan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi untuk memastikan kualitas hasil pekerjaan yang optimal," ungkap Ahmad Hasan Sutisna dalam konferensi pers, Minggu (21/4/2024).

Kontroversi semakin mengemuka ketika mandor pelaksana di lapangan berinisial D, memberikan penjelasan yang menyebutkan bahwa meskipun beskos dan pemerataan sebenarnya ada dalam RAB, namun tidak digunakan sesuai dengan arahan Kepala Sekolah.

 "Kami memilih untuk tidak menggunakan beskos seperti yang diusulkan dalam RAB, mengikuti arahan Kepala Sekolah yang mengkhawatirkan ketinggian lapangan. Akhirnya, kami menyesuaikan dengan menggunakan paving blok agar tetap rata, sesuai dengan saran Kepala Sekolah," jelas mandor kepala jurnalis nuansa metro, Sabtu (20/4).

Foto : Pembangunan lapangan voli outdoor di SDN Pisangsambo I, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang

Kasus ini menunjukkan pentingnya pengawasan yang ketat dalam pelaksanaan proyek pemerintah, serta perlunya keterlibatan semua pihak terkait untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran publik.



• Kojek 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dugaan Penyimpangan dan Ketidaksesuaian RAB Ditemukan Dalam Proyek Pembangunan Lapangan Voli SDN Pisangsambo I

Terkini

Topik Populer

Iklan