Iklan

terkini

Wartawan Diusir Dan Diduga Diintimidasi di Proyek Mini Soccer Milik Seorang Artis, Ancaman Bagi Kebebasan Pers?

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Senin, 04 Maret 2024, 13:30 WIB Last Updated 2024-03-04T06:30:58Z


Foto : Ega Nugraha saat berada di lokasi pembangunan mini soccer

Nuansa Metro - Karawang  |  Dua wartawan dari media AlexaNews.id dan Pojoksatu.id diduga mengalami pengusiran dan intimidasi saat melakukan investigasi terkait proyek mini soccer dan arena konser yang dimiliki oleh artis Vicky Prasetyo di Karawang. Kejadian tak terpuji tersebut terjadi pada Senin, 4 Maret 2024, di kawasan 3 Bisnis Center.

Ega Nugraha (Pojoksatu.ID) yang juga Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Karawang, dan Amirullah (AlexaNews.ID) adalah dua jurnalis yang menjadi korban pengusiran dan intimidasi oleh sejumlah orang yang diduga bayaran di lokasi proyek tersebut. Mereka mengaku terpaksa meninggalkan lokasi proyek karena keselamatan mereka terancam.

"Aksi tak terpuji tersebut terjadi ketika kami sedang melakukan pendalaman berita terkait kasus dugaan penipuan dalam proyek mini soccer dan arena konser yang dilaporkan oleh seorang pengusaha di Karawang," kata Ega kepada media ini.

Menurut keterangan Ega, mereka berdua mendapatkan intimidasi dan dipaksa untuk menghentikan pengambilan gambar di lokasi proyek. Bahkan, kamera rekannya Amirullah hampir rusak akibat tekanan yang diterima.

"Tindakan orang-orang bayaran di lokasi proyek tersebut jelas melanggar Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, Pasal 8 Ayat 1. Sebagai seorang jurnalis yang sudah tersertifikasi Dewan Pers, saya berencana untuk membawa kasus ini ke ranah hukum," tegasnya.

Sebelumnya, terdapat pemberitaan terkait pelaporan artis Vicky Prasetyo ke Polres Karawang oleh seorang pengusaha bernama Omri P Manurung terkait dugaan penipuan senilai Rp 1,8 miliar dalam proyek tersebut.

Saat Nuansa Metro ke Lokasi proyek tersebut, tak ada orang yang dapat di konfirmasi terkait peristiwa adanya dugaan intimidasi terhadap dua wartawan media online tersebut.


•  IRF/Red

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wartawan Diusir Dan Diduga Diintimidasi di Proyek Mini Soccer Milik Seorang Artis, Ancaman Bagi Kebebasan Pers?

Terkini

Topik Populer

Iklan