Iklan

terkini

Osin Sugianto Resmi Terpilih Menjadi Ketua Gapoktan Jembar Mukti

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Selasa, 05 Maret 2024, 13:19 WIB Last Updated 2024-03-05T06:19:56Z


Foto : Osin Sugianto 

Nuansa Metro - Bandung |  Sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 67/permentan/sm.050/12/2016 Tahun 2016 Tentang Pembinaan Kelembagaan Petani. Desa Pasirhuni Kecamatan Cimaung membentuk kepengurusan Gapoktan baru yang di laksanakan Pebruari lalu, bertempat di aula desa Pasirhuni kecamatan Cimaung kabupaten Bandung. 

Pemilihan yang di laksanakan secara demokratis tersebut Osin Sugianto resmi terpilih menjadi ketua Gapoktan Jembar Mukti. 

Selaku ketua Gapoktan terpilih, Osin Sugianto memaparkan tujuan utama pembentukan dan penguatan Gapoktan adalah untuk memperkuat kelembagaan petani yang ada, sehingga pembinaan pemerintah kepada petani akan terfokus dengan sasaran yang jelas.

Kelompok tani difungsikan sebagai kelas belajar bagi para petani dan peternak, dalam menggali infomasi untuk mengembangkan usaha tani mereka. 

"Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya seperti pelatihan/penyuluhan, diskusi, dan saling bertukar ilmu. Mudah- mudahan Gapoktan Jembar Mukti ini bisa lebih maju," paparnya. 

Osin juga mengatakan, bahwa pihaknya siap membuat terobosan baru guna kesinambungan dan kesejahteraan para poktan yang ada di wilayahnya.

"Kami akan terus koordinasi dengan para kelompok tani  dan juga Balai Penyuluh Pertanian tingkat kecamatan maupun kabupaten," ujarnya.

Sekilas profil Osin Sugianto ketua Gapoktan Jembar Mukti Desa Pasirhuni Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. 

Pria kelahiran tahun 70'an ini memulai awal kecintaan nya di bidang pertanian di awali dari banyaknya keluhan masyarakat petani di karenakan langkanya pupuk di pasaran dan melambungnya harga pupuk.

Osin pun merintis dengan mendirikan kelompok Tani yang di namakan kelompok Tani Mandiri. 

Perjuangan Osin Sugianto tidak sia- sia, dengan kepiwaian nya dalam bergaul Osin mencoba koordinasi dengan berbagai pihak, terutama Balai Penyuluhan Pertanian,  sehingga keluhan masyarakat tani bisa teratasi dengan adanya Pupuk Subsidi yang di keluarkan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung. 

Selain di bidang pertanian Osin yang juga salah satu karyawan tekstil di Bandung ini, membagi waktu kerjanya dengan menghadiri seminar dan juga pelatihan yang di laksanakan pemerintah kabupaten Bandung,  

Berawal dari pelatihan inilah, Ayah dari dua orang anak ini mencoba merintis pengembangan penanaman bunga matahari.  Namun karena tidak adanya lahan yang memadai Osin mencoba koordinasi dengan rekan seperjuangan.  

Kebingungan Osin akhirnya terjawab, H. Iyan  yang juga sama sama sebagai ketua Gapoktan di wilayah kecamatan Cimaung dan juga pemilik lahan langsung meresponnya dan  di tindak lanjuti. 

Kini kebun bunga matahari tepatnya di Kampung Tinggarjaya RT 02 RW 02 Desa Ciimaung Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung salah satu Binaan nya sebagai buah pemikiran Osin dan kerjasama yang baik dengan H. Iyan selaku pemilik lahan menjadi Destinasi Wisata Desa yang menarik.


"Melayani anggota dan masyarakat dengan penuh kekeluargaan, serta  mengembangkan dan memberdayakan kehidupan masyarakat dengan dasar prinsip ekonomi, dan mempunyai tujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat lingkungan. Itulah Visi misi kami," ucapnya mengakhiri.  



• Dispi / Hen 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Osin Sugianto Resmi Terpilih Menjadi Ketua Gapoktan Jembar Mukti

Terkini

Topik Populer

Iklan