Iklan

terkini

Ketidakhadiran Bawaslu di Rapat Pleno KPU Karawang Sempat Menimbulkan Kegaduhan

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Selasa, 05 Maret 2024, 16:49 WIB Last Updated 2024-03-05T09:50:22Z


Foto : Rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten di Kantor KPU Karawang, Selasa (5/3/2024) .

Nuansa Metro - Karawang |  Kegaduhan melanda rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten di Kantor KPU Karawang pada hari Selasa (5/3/2024) ketika tidak ada satu pun komisioner dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang hadir. Ketidakhadiran mereka menjadi tanda tanya besar bagi para peserta rapat.

Rapat pleno yang berlangsung di Aula Rapat Kantor KPU Karawang mulai pukul 13.30 WIB tampak cukup ramai. Namun, hingga pukul 14.50 WIB, tidak ada satupun komisioner Bawaslu atau perwakilannya yang muncul.

Ketidakhadiran ini menimbulkan kekhawatiran di antara para saksi partai politik yang hadir, yang menyadari pentingnya kehadiran Bawaslu dalam mengawasi proses penetapan hasil penghitungan suara. Bahkan, Ketua KPU Kabupaten Karawang turut menyatakan keheranannya atas ketidakhadiran Bawaslu.

"Ini Bawaslu kemana, kok tidak ada, bagaimana kalau nanti ada dugaan kecurangan, siapa yang mengawasi," ujar ketua KPU Mari Fitriana, dengan kebingungannya.

Hingga berlangsung nya acara tersebut belum ada penjelasan resmi dari pihak Bawaslu terkait ketidakhadiran mereka di rapat pleno tersebut.

Ketidakhadiran Bawaslu Karawang dalam rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara ini menimbulkan kekhawatiran akan kredibilitas dan integritas proses pemilihan di tingkat kabupaten. 

Publik menantikan penjelasan resmi dari pihak terkait untuk menjaga transparansi dan kepercayaan dalam proses demokrasi.

Namun, selang beberapa jam, akhirnya dari pihak Bawaslu kabupaten Karawang tiba juga diruang rapat pleno KPU kabupaten Karawang walaupun telat.



• Fit/IRF 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketidakhadiran Bawaslu di Rapat Pleno KPU Karawang Sempat Menimbulkan Kegaduhan

Terkini

Topik Populer

Iklan