Iklan

terkini

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Kecamatan Klari, Begini Pelaksanaannya

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Minggu, 18 Februari 2024, 13:59 WIB Last Updated 2024-02-18T07:02:51Z

Nuansa Metro - Karawang | Penghitungan dan rekapitulasi suara merupakan salah satu proses penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Maka dari itu prosesnya perlu diawasi dengan cermat dan ketat.

Proses penghitungan dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), penghitungan suara dilakukan secara manual oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setelah proses pencoblosan selesai.

Setelah selesai menghitung suara untuk pemilihan presiden, hasilnya dicatat dalam formulir C1 oleh KPPS. Setiap TPS selanjutnya memberikan kotak suara beserta dokumen administratif lainnya kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk melanjutkan ke tahap rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara dilakukan secara terbuka, setelah PPK menerima kotak suara tersegel dari PPS. Selain melaksanakan rapat rekapitulasi, PPK juga menyusun jadwal rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara.

Pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui peraturan dan keputusannya.
Rekapitulasi hasil penghitungan suara adalah proses pencatatan hasil penghitungan perolehan suara, merujuk definisi pada Informasi KPU. 

Ketua PPK Kecamatan Klari Yopi Yulianto mengutarakan, dalam melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pemilihan Umum tahun 2024 di tingkat Kecamatan Klari dimulai hari ini Minggu 18 Februari tahun 2024.

Rapat pleno terbuka suara di PPK Klari menggunakan 4 panel, 4 panel yang dimana setiap panelnya itu maju langsung 4 Desa, diperkirakan berlangsung mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 Wib. 

"Terkait nanti itu enggak ada permasalahan ataupun ketidak akuran data yang dimiliki oleh saksi mangga untuk diutarakan di panel dengan catatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan tata tertib pleno," kata Yopi. 

"Kalaupun nanti di tingkat kecamatan ini kami hanya merekap hasil dari pemungutan suara yang kemarin tanggal 14 Februari dilakukan di tiap-tiap TPS nya. Syukur alhamdulillah mudah-mudahan pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan Klari berjalan dengan lancar," sambung Yopi.

Menurutnya, rekapitulasi yang dilakukan secara terbuka dan transparan oleh PPK, setelah menerima kotak suara dari PPS. 

"Selain itu proses ini akan didampingi oleh peserta saksi maksimal dua orang dari setiap kelompok atau tahapan rekapitulasi dengan bergantian, dan mewakili satu peserta pemilu, panwascam, ketua/anggota PPS, dan dapat dihadiri oleh pemantau pemilu, instansi terkait TNI Polri dan masyarakat," pungkasnya.


•  Oya/Fit

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Kecamatan Klari, Begini Pelaksanaannya

Terkini

Topik Populer

Iklan