Iklan

terkini

Karangjaya Kecamatan Pedes Menjadi Desa Pertama Launching Sekolah Lansia

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Kamis, 29 Februari 2024, 20:53 WIB Last Updated 2024-02-29T13:53:29Z


Foto : Training of Trainer (TOT) pelaksanaan Sekolah Lansi

Nuansa Metro - Karawang |  Berdasar surat Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Barat Nomor : B- 531/PK.03.01/J4/2024 perihal Training of Trainer (TOT) pelaksanaan Sekolah Lansia tanggal 1 Pebruari 2024, sebanyak 30 orang lansia di Desa Karang Jaya Kecamatan Pedes yang terdaftar di bina keluarga lansia (BKL), hadiri launching sekolah lansia, bertempat di aula kantor Desa Karang Jaya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat. Kamis (29/2).

Launching sekolah lansia dihadiri oleh perwakilan dari BKKBN Propinsi Jawa Barat, yayasan Indonesia ramah lansia, Camat Pedes H. Aep Saepudin.S.Km, Danramil 0405/Pedes Kapten Inf.Darsono, Kepala Desa Karang jaya Aca, Korwilcambidik Pedes Sudirja, Penilik, PGRI, Ka UPTD  Puskesmas Pedes dan Sungai Buntu, Koordinator Satpel KB Pedes, KUA, serta PKK Kecamatan dan PKK Desa.

Koordinator Satpel KB Kecamatan Pedes Fetty Siti Nuraeni S.Pd. saat di wawancara jurnalis nuansametro.co.id. menjelaskan, hari ini adalah launching sekolah lansia pertama di Kabupaten Karawang yaitu di Desa Karang jaya Kecamatan Pedes, yang tadinya dari kelompok bina keluarga lansia kita bentuk menjadi sekolah lansia.

Ada sebanyak 30 orang lansia yang sudah terdaftar terdiri dari beberapa dusun yang ada di Desa ini, dimana sistem pembelajaran dengan pertemuan satu bulan sekali selama sepuluh kali pertemuan yang bertempat di MDA Hidayatul Maghfiroh di Dusun Cigoong Desa Karang Jaya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang.

"Mudah - mudahan dengan di bentuknya sekolah lansia ini menjadi motivasi untuk Desa Desa lain nya juga," kata Fetty Siti Nuraeni.

Sementara Sekdis DPPKB Kabupaten Karawang Imam Bahanan mengatakan, program KB itu semakin luas dan salah satunya adalah pembinaan keluarga lansia (BKL), bina keluarga lansia ini kita kemudian berkolaborasi dengan beberapa instansi lain seperti Indonesia ramah lansia, puskesmas dan beberapa pihak lain bikinlah sekolah lansia, dengan tujuan supaya lansia bisa lebih baik dan bisa lebih terarah.

Camat Pedes H. Aep Saepudin mengatakan, berkah bagi lansia di Kecamatan Pedes khususnya, dan untuk  launching ini sementara se Kabupaten Karawang baru di Desa Karang Jaya ini dan Alhamdulillah sudah terdaftar sebanyak 30 orang lansia yang akan mengikuti sekolah lansia, dengan sistem pembelajaran satu bulan sekali ada pertemuan yang bertempat di Dusun Cigoong di madrasah Hidayatul magfiroh.


Dilanjutnya, berkaitan dengan program lansia yang di usahakan lansia itu seperti jargonnya yaitu "SMART" sehat, mandiri, aktif dan produktif.

"Mudah mudahan ini menjadi pilot projeck yang bisa diikuti oleh Desa Desa yang lain," harapnya.



• ZIS 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Karangjaya Kecamatan Pedes Menjadi Desa Pertama Launching Sekolah Lansia

Terkini

Topik Populer

Iklan