Iklan

terkini

HPN 2024, Puan Maharani Ajak Pers Nasional Jaga Demokrasi dan Integritas Pemilu

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Jumat, 09 Februari 2024, 16:19 WIB Last Updated 2024-02-09T09:19:11Z


Foto : Ketua DPR RI, Puan Maharani 

Nuansa Metro - Jakarta |  Dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang dirayakan setiap tanggal 9 Februari, Ketua DPR RI, Puan Maharani, memberikan ajakan kepada insan Pers untuk turut serta mengawal Proses Pemilu 2024. Peringatan HPN tahun ini menjadi sangat spesial karena berdekatan dengan pelaksanaan Pemilu yang dijadwalkan pada 14 Februari mendatang.

Dalam upayanya meningkatkan kualitas informasi di era digital, Puan Maharani menegaskan peran penting Pers Nasional sebagai penjaga demokrasi dan kontrol sosial. Dengan munculnya berita palsu atau hoaks, Puan mendorong praktik jurnalistik yang sehat, mempertahankan kompetensi dan independensi.

"Pers adalah pilar demokrasi keempat yang harus memegang teguh integritas, sebagai penjaga demokrasi dan kedaulatan rakyat," ujar Puan Maharani.

Menghadapi Pemilu 2024 yang semakin dekat, Puan menggarisbawahi peran krusial Pers dalam menjaga demokrasi. Ia mengajak insan Pers untuk mengamalkan jurnalisme sehat dan damai, memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

"Marilah kita bersama-sama kawal dan jaga proses Pemilu 2024 agar berlangsung dengan jujur dan adil. Pers harus tetap profesional, objektif, bebas dari pengaruh pihak manapun, jujur, dan setia kepada rakyat," serunya.

Dalam tema HPN 2024 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa', Puan mengajak insan Pers untuk berperan aktif pada Pemilu 2024. Ia menekankan pentingnya menyajikan informasi Pemilu secara akurat dan berkeadilan sebagai kontribusi positif kepada masyarakat.

"Publik membutuhkan informasi yang berkualitas. Kehadiran Pers sangat vital dalam memperkuat dan menyehatkan demokrasi kita," tegas Puan.

Meskipun peringatan HPN 2024 seharusnya dilaksanakan pada 7-9 Februari 2024, namun disesuaikan dengan pelaksanaan Pemilu 2024, jadwal perayaan HPN 2024 diundur menjadi tanggal 17-20 Februari mendatang. Puan berharap agar insan Pers dapat membantu menjaga kehormatan bangsa melalui produk-produk jurnalistiknya, terlebih dengan kehadiran wartawan asing dan lembaga pengawas internasional yang akan mengawasi proses Pemilu di Indonesia.

"Mari kita bersama-sama jaga nama baik bangsa, dengan bekerja secara kompeten dan terhormat. Ini adalah tugas bersama kita," pungkas Puan Maharani.



• ZuL 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • HPN 2024, Puan Maharani Ajak Pers Nasional Jaga Demokrasi dan Integritas Pemilu

Terkini

Topik Populer

Iklan