Iklan

terkini

Petani Asal Pemalang Jadi Inspirasi Generasi Muda Dalam Memajukan Bidang Pertanian

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Sabtu, 01 Juli 2023, 20:11 WIB Last Updated 2023-07-01T13:11:23Z


Nuansa Metro - Pemalang
Tidak perlu merasa gengsi ataupun minder jika ingin menjadi seorang petani di jaman digital saat ini, yang semuanya dapat di lakukan secara mudah dengan sistem digital yang serba canggih.

Dan juga saat ini buktinya ada banyak kisah sukses petani muda Indonesia yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Dan Kisah Sukses Petani Muda yang saat ini dapat di bilang berhasil yaitu Awal Rohmadi (27) salah satu pemuda yang menjadi inspirasi generasi muda dalam memajukan bidang pertanian 

Banyaknya pemikiran orang yang negatif mengenai profesi petani di Indonesia di patahkan Awal Rohadi yang sukses dan menjadi inspirasi para pemuda Indonesia untuk dapat beralih menjadi petani sukses, bahkan di jadikan profesi yang membanggakan.

Profesi menjadi petani sebagai pelaku usaha dalam dunia pertanian dari mulai pembibitan pengolahan hingga pemanenan produk pertanian untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, harusnya menjadi sektor yang sangat penting di Indonesia tanpa petani ketahanan pangan tidak akan tercukupi.

Suksesnya Awal Rohadi menjadi petani sukesi berasal saat dirinya bergabung ke program Makmur yang merupakan besutan dari PT Pupuk Indonesia, dirinya yang merupakan petani konvensional yang biasa melakukan budidaya padi untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Kesuksesannya berubah setelah dirinya mengikuti program Makmur yang akhirnya dapat sukses, bahkan menjadi inspirasi dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Sebelum sukses, Awal Rohadi bersama sang istri hanyalah petani biasa dan tinggal menumpang di rumah orang tuanya, akhirnya dengan niat yang kuat untuk mandiri pindah ke rumah kontrakan

Dengan penghasilan kurang mencukupi membuatnya harus berpikir dan  bekerja keras, walaupun tetap belum mencukupi untuk kebutuhan hidup dan tabungan masa depan.

Sampai akhirnya dirinya mengetahui adanya program Makmur dari Kelompok tani yang ada di sekitar Pemalang Jawa Tengah.

Melalui Program Makmur yang di gagas oleh Pupuk Indonesia di bawah naungan Kementerian BUMN, dimana telah memberikan support kepada petani terutama bantuan pupuk subsidi sangat membantu dan memudahkan bisnis yang Awal Rohadi jalankan.

Selain itu, dirinya juga mendapatkan pembinaan mengenai tata cara pembibitan yang baik dan mengenai pendampingan pemasaran produk.

Bergabungnya Awal Rohadi dalam Program Makmur oleh PT Pupuk Indonesia dengan menyediakan pembibitan yang berkualitas dengan kuantitas yang banyak, serta dapat menjangkau dan menyediakan bibit untuk petani area Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. 

Secara perlahan usahanya Awal Rohadi semakin maju dan semakin dikenal dikalangan petani setelah bergabung dalam program Makmur tersebut.

Perubahan dalam hidupnya dirasakan sangat signifikan mulai dari adanya penambahan penghasilan dan juga mengembangkan usaha lainnya di bidang pertanian seperti jual beli hasil tani.

Dirinya  juga dapat membangun rumah permanen bersama keluarga dan juga dapat mendirikan salah satu pabrik penggilingan beras (Rice Milling) terbesar di indonesia.

Sedangkan untuk sosial impact dirinya dapat mempekerjakan sanak saudaranya serta tetangga di produksi pembibitan dalam hal produksi, distribusi bibit dan jual beli hasil panen padi nya. Serta menyerap tenaga kerja di wilayah kabupaten Pemalang Jawa Tengah.


• NANA
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Petani Asal Pemalang Jadi Inspirasi Generasi Muda Dalam Memajukan Bidang Pertanian

Terkini

Topik Populer

Iklan