Iklan

terkini

Dinas Koperasi dan UMKM Karawang Sosialisasikan Produk Unggulan 'One Village One Product' Untuk Tanaman Hidroponik

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Selasa, 20 Juni 2023, 20:45 WIB Last Updated 2023-06-20T13:48:05Z


Nuansa Metro - Karawang
Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang yang dipimpin Diah Mira selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Perizinan Koperasi, melaksanakan sosialisasi pengembangan produk unggulan "one village one product (OVOP)" untuk jenis tanaman hidroponik dan memberikan bantuan berupa alat produksi hidroponik, bertempat di kantor Koperasi Pasundan Hidroponik Sejahtera (KPHS) Perumahan Terangsari Blok L9 No. 29 Cibalongsari Klari.

Mira mengatakan, KPHS ini merupakan Koperasi pertama di Karawang yang fokusnya pada pengembangan tanaman sayuran dan buah buahan Hidroponik.

"Kedepannya kami akan memberikan bantuan berupa kegiatan kewirausahaan agar KPHS memiliki produk unggulan di jenis tanaman Hidroponik,"  ucapnya, Selasa (20/6/2023).

Mira menambahkan, menanam tanaman hidroponik tidak perlu membutuhkan lahan yang luas, hidroponik bisa tumbuh dengan menggunakan alat alat seperti paralon, anggota KPHS bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam hidroponik dan hasil panennya bisa dikonsumsi sendiri dan saat ini baru bisa dijual antar anggota.

"Kami akan bantu pemasaran hasil tanaman hidroponik ke perusahaan catering yang ada di Kabupaten Karawang, agar anggota KPHS memiliki tambahan penghasilan dari penjualan tanaman hidroponik,"  ungkapnya.

Mira berharap, dengan diadakannya pelatihan dan bantuan alat produksi hidroponik dari Dinkop UMKM Karawang, KPHS dapat meningkatkan hasil produksi tanaman hidroponik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dari penjualan hidroponik.

Sementara itu, Dewan pengawas Koperasi KPHS, Neni Triana mengatakan, pembentukan KPHS berawal dari komunitas pecinta tanaman hidroponik, dan sesuai dengan keinginan dan kesepakatan anggota akhirnya dibentuk Koperasi KPHS yang sudah berjalan satu tahun.

"Saat ini KPHS sudah memiliki 50 orang anggota, dan setiap anggota memiliki lubang tanaman hidroponik di rumahnya masing masing, dan hasil panen para anggota dikumpulkan di kantor KPHS, lalu kita bantu penjualannya ke rumah makan, ke perusahaan catering dan ke pengguna langsung dengan harga yang stabil dipasaran,"  ujar Neni.

Neni menuturkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengembangkan tanaman hidroponik melalui Pesantren salah satunya ke Pesantren Daarul Qur'an.

"Kami akan memberdayakan santriwan dan santriwati untuk menanam sayuran dan buah buahan hidroponik. Semoga tanaman hidroponik semakin berkembang di Kabupaten Karawang,"  pungkasnya.


•  Irfan Sahab
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Koperasi dan UMKM Karawang Sosialisasikan Produk Unggulan 'One Village One Product' Untuk Tanaman Hidroponik

Terkini

Topik Populer

Iklan