Iklan

terkini

Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan Lantik Pejabat Pratama Dilingkungan Pemkab Deli Serdang

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Selasa, 16 Mei 2023, 17:35 WIB Last Updated 2023-05-16T10:35:26Z


Nuansa Metro - Deli Serdang
Camat Tanjung Morawa, Ismail SSTP MSP menjadi satu-satunya camat di Deli Serdang mendapat promosi jabatan menjadi Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Budporapar) Deli Serdang.

Ismail menggantikan Kadis Budporapar sebelumnya, H Khoirum Rijal SP MAP yang saat ini menduduki jabatan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan.

Ismail dilantik Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan bersama tiga pejabat lainnya di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Senin (15/5/2023) tersebut sesuai Surat Keputusan Bupati Deli Serdang, No. 250 Tahun 2023 Tanggal 15 Mei 2023.

Ketiga pejabat lainnya yang turut dilantik, yakni Christina Helen Siagian S.Sos yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas (Sekdis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Deli Serdang menjadi Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan) yang ditinggalkan Kadis sebelumnya, Dr Dra Hj Miska Gewasari (sekarang Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana).

Kemudian, Budi Iswan Sinaga SSTP yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan menjadi Kadis Ketenagakerjaan; dan Wakil Direktur (Wadir) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drs H Amri Tambunan, dr Asri Ludin Tambunan MKed (PD) Sp PD menjadi Kepala Dinas Kesehatan. 

Tidak hanya pada pelantikan kali ini. Jika dilihat pada pelantikan sebelumnya, pada Rabu, 1 Maret 2023 lalu, dari 25 Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik juga tidak ada satupun camat yang naik menjadi kepala dinas.

Dalam riwayat karirnya, Ismail sudah enam kali menjabat sebagai camat. Mulai dari Camat STM Hulu, kemudian Camat Lubuk Pakam. Dari Camat Lubuk Pakam, Ismail sempat menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Deli Serdang. Setelah itu, Ismail kembali dipercaya menjadi camat. Kali ini ditempatkan sebagai Camat Galang, selanjutnya Camat Sunggal, Camat Percut Sei Tuan dan terakhir Camat Tanjung Morawa.

Terkait pelantikan empat Ismail dan tiga kepala dinas lainnya, Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dalam sambutannya menegaskan pelantikan dan serah terima jabatan yang dilakukan bertujuan untuk penyegaran tugas dan peningkatan kinerja bagi setiap aparatur sipil negara (ASN) sesuai kebutuhan organisasi.

Proses pengangkatan, penempatan dan alih tugas tersebut juga bisa dijadikan sebagai momen untuk menyikapi, menyadari, dan mengukuhkan kembali akan kewajiban dan tanggungjawab besar dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan bagi masyarakat.

“Terpilihnya saudara merupakan hasil dari tindak lanjut pelaksanaan uji kompetensi yang telah diselenggarakan, proses evaluasi yang mendalam, pertimbangan yang matang serta penilaian yang objektif sebagai dasar penempatan saudara,” tegas Bupati.

Terkait hal itu, Bupati menekankan kepada para pejabat yang dilantik untuk memaknai jabatan adalah sebuah kepercayaan yang harus dijalani dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk tanggung jawab atas jabatan yang sudah diamanahkan.

Maka dengan demikian, para pejabat tersebut diminta untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Karena saat ini masyarakat mengharapkan dan menginginkan inovasi baru yang dapat menunjang kualitas pelayanan publik lebih baik ke depannya.

“Pesan saya, segera lakukan adaptasi sesuai dengan jabatan saudara yang baru. Laksanakan tugas dan fungsi saudara sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundangan yang berlaku. Tempatkan komitmen kepentingan organisasi menjadi hal yang utama, agar saudara dapat menjadi lebih fokus dalam menjalankan tugas, fokus dalam mendukung kebijakan pemerintah sehingga berhasil mencapai tujuan,” pesan Bupati.

“Terus lakukan terobosan kreatif melalui digitalisasi. Bangun tim kerja yang solid. Selesaikan dengan baik segala program-program kegiatan yang telah berjalan. Pedomani dan implementasikan bahwa setiap pekerjaan harus didasari oleh tata nilai core value aparatur sipil negara (ASN) yang sudah ditetapkan Presiden, yaitu berakhlak. Hindari perbuatan yang berpotensi memberikan dampak negatif dan jangan ragu memberikan koreksi sejak awal sehingga tidak menimbulkan resiko bagi organisasi. Jadilah sosok pimpinan yang dapat diandalkan,” sambung Bupati.

 28 Pejabat Eselon III

Selain empat pejabat tinggi pratama, Bupati juga melantik 28 pejabat administrator berdasarkan Surat Keputusan Bupati Deli Serdang, No. 251 Tahun 2023, tanggal 15 Mei 2023.

Ke-28 pejabat administrator yang dilantik, antara lain Juniser Siregar SPd MPd dari jabatan Kepala Bidang (Kabid) Pajak Daerah pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menjadi Kabid Pajak Bumi dan Bangunan Bapenda; Juniver Reynol Marbun ST MSi dari Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi Kabid Pajak Daerah Bapenda.

Lalu, dr Boyke Sihombing dari jabatan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD menjadi Sekretaris BPBD; Gento Herlambang SSos MSi dari jabatan Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menjadi Sekretaris Dinas Perhubungan.

Kemudian, Elmi Haryuni SKM MKes dari jabatan Kabid Data, Informasi Gender dan Anak Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan KB menjadi Kabid Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan KB; dr Herri Kurnia Mars dari jabatan Sekretaris Dinas Kesehatan menjadi Kabid Informasi Gender dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan KB.

Selanjutnya, Rio Laka Dewa SSTP MAP dari Camat Batang Kuis menjadi Camat Tanjung Morawa; Nasib Solichin SPd MAP dari jabatan Sekretaris Kecamatan Percut Sei Tuan menjadi Camat Batang Kuis; M Dhani Mulyawan SSos MIP dari Camat Biru Biru menjadi Camat Labuhan Deli; Eddy Saputra Siregar SSTP MAP dari Camat Labuhan Deli menjadi Camat Biru Biru.

Serta, Rahmat Azahar Siregar SSTP MM dari Camat Pantai Labu menjadi sebagai Camat Galang; Muhammad Faisal Nasution SSTP MAP dari Camat Galang menjadi Camat Camat Pantai Labu dan lainnya.


•  Romson Nainggolan
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan Lantik Pejabat Pratama Dilingkungan Pemkab Deli Serdang

Terkini

Topik Populer

Iklan