Iklan

terkini

Seni Jaipong Bentang Gerilya Bersinar Bersama Pospera Dan PPSI Karawang di Kota Solo Jawa Tengah

MEDIA CETAK & ONLINE NUANSA METRO
Minggu, 30 April 2023, 14:05 WIB Last Updated 2023-04-30T07:06:03Z
 

Foto : Jaipong Kreasi Bentang Gerilya saat pentas di Solo Jawa Tengah

Nuansametro.co.id - Solo
Pospera Kabupaten Karawang, turut mengisi kegiatan Event Solo Menari dengan membawakan karya seni Jawa Barat Jaipong Kreasi Bentang Gerilya, Karya ini merupakan buah pemikiran dari Drs. Acep Jamhuri, M.Si Sekretaris Daerah kabupaten Karawang, pada Sabtu (29/4/2023).

Seni jaipong Bentang Gerilya menceritakan tentang tokoh pejuang asal Karawang Raden Oce Amapura Direja, pendiri Organisasi Pasukan Siliwangi yang menjadi salah satu pencetus Kemerdekaan dan mendapatkan bintang kehormatan.

Risna Sundari, SE Ketua DPC Pospera Karawang mengungkapkan rasa kebanggaannya bisa mewakili nama daerah Jawa Barat, khususnya Kabupaten Karawang dalam kegiatan Event Solo Menari.

"Alhamdulillah, kami diberikan kepercayaan mewakili DPD Pospera Jawa Barat untuk ikut berpartisipasi dalam Event Solo Menari tahun ini. Dan kami membawa Sanggar RSAP, yang merupakan sanggar binaan kami di Karawang berkolaborasi dengan PPSI untuk seni pencak silatnya yang membawa Padepokan Gaya Muni dan Godot yang merupakan silat Asli Karawang,"  ujar Risna.

"Dan Untuk Koreografi dibuat oleh Rusnia Anti, guru seni tari dan pemilik sanggar RSAP Cikampek yang juga merupakan wakil ketua bidang kesenian DPC Pospera Karawang dan untuk Silatnya oleh H. Dian Nugraha, Sekretaris Perguruan Godot,"  sambungnya.

Risna menambahkan, seni jaipong Bentang Gerilya adalah sebuah bentuk Pelestarian & Pengembangan, karena menurut undang undang no 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang sudah mencangkup pada 4 Pilar yaitu Pelestarian, Pengembangan, Pemanfaatan dan Pembinaan.

Risna juga berharap, acara serupa bisa digelar di Karawang, yang kaya akan karya seni dan pelaku seninya. Selain itu, Risna berharap pemerintahan daerah Karawang dapat menganggarkan stimulus untuk sanggar-sanggar yang ada di Karawang. 

"Ketika akan mengikuti acara dan menampilkan kesenian Karawang keluar daerah, karena ini merupakan salah satu ajang Promosi Budaya Karawang,"  harapnya 

Lanjut Risna, Karawang itu kaya akan pelaku seni dan karya seninya, selain itu Karawang juga banyak memiliki Destinasi Wisata yang menarik, ada gunung, ada laut, ada candi, semua ada di Karawang. 

"Untuk itu agar dapat menarik wisatawan berkunjung ke Karawang salah satunya bisa dengan mengadakan Event seperti ini, mengundang perwakilan dari luar kota bahkan dari luar negeri, saya yakin Pemerintah Karawang mampu melakukannya,"  sarannya.

"Kalau terkait anggaran, sudah ada programnya di kementerian bisa juga kan dengan memanfaatkan dana CSR, apalagi Karawang merupakan kota Industri. Dan saya yakin Karawang bisa dan mampu untuk membuat event serupa." Pungkasnya.

•  Oya
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seni Jaipong Bentang Gerilya Bersinar Bersama Pospera Dan PPSI Karawang di Kota Solo Jawa Tengah

Terkini

Topik Populer

Iklan